Kebijakan FUP Indihome 2022 – Cara Cek Pemakaian Wajar Kuota

By | December 18, 2022

Jika kamu penasaran dengan berapa sih FUP Indihome sesuai dengan pilihan paket kecepatan Mbpsnya maka jangan lewatkan pembahasan artikel kali ini.

Hampir semua orang di masa sekarang ini menggunakan WiFi untuk jaringan internet mereka karena jauh lebih hemat. Apalagi jika digunakan untuk orang banyak maka sudah jelas lebih enak menggunakan layanan WiFi.

Namun, pernahkah kamu terpikirkan sebenarnya seberapa besar si kuota yang diberikan pada saat berlangganan paket WiFi. Mungkin pembaca disini ada yang sudah berlangganan WiFi Indihome.

Jika kamu ingin tau berapa sebenarnya batas penggunaan kuota dari setiap paket indihome atau dikenal dengan istilah FUP Indihome, maka kami akan membahasnya lebih lanjut di .

Informasi Terkait Dengan FUP Indihome

Informasi-tentang-FUP-Indihome

Apakah teman-teman sekalian udah tau apa itu FUP ? FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy yang merupakan batas pemakaian wajar kuota internet. Indihome sebagai salah satu internet provider yang ada di Indonesia memiliki kebijakan tersendiri terhadap FUP dari setiap paket layanan internetnya.

Penerapan kebijakan FUP ini juga bertujuan agar kualitas kecepatan internet tetap terjaga serta untuk menghindari pemakaian yang tidak wajar. Indihome sendiri menerapkan kebijakan FUP ini untuk pakat layanan internet dengan kecepatan minimal 10 Mbps ke atas.

Baca Juga : Cara Melihat Password WiFi Di HP Yang Sudah Terhubung

Itu artinya untuk kamu yang memilih paket internet dengan kecepatan di bawah 10 Mbps tidak ada FUP yang diterapkan. FUP Indihome ini hanya diberlakukan untuk layanan internet saja sehingga tidak akan berpengaruh pada paket layanan TV.

Kebijakan FUP yang diterapkan oleh Indihome ini adalah menurunkan tingkat kecepatan internet apabila ditemukan pengguna sudah memakai kuota melebihi batas pemakaian wajar.

Sebagai pengguna kamu bisa loh melihat berapa pemakaian internet selama bulan berjalan melalui beberapa cara. Sebelum itu, kami akan menjelaskan dulu batas pemakaian FUP Indihome sesuai dengan paket layanan yang kamu pilih.

Jadi, apabila kamu merasa jaringan Indihomemu menjadi lemot maka itu harus diperhatikan lagi berapa kuota yang telah terpakai apakah sudah melebihi batas FUP atau tidak?

Batas FUP Indihome Sesuai Dengan Keceparan Per Mbps

Kebijakan Fair Usage Policy atau FUP ini diterapkan oleh Indihome untuk menjaga kenyaman dan juga kualitas layanan internet penggunanya. Walaupun penggunaan WiFi ini sebenarnya unlimited, tetapi tetap saja ada batas wajar yang ditetapkan agar kecepatan internet tetap sesuai.

Bagi para pengguna layanan Indihome mungkin sudah tau bahwa Indihome ini memiliki beberapa layanan paket internet dengan kecepatan yang berbeda-beda. Nah, setiap paket layanan tersebut memiliki FUP yang berbeda pula begitu juga dengan kebijakannya.

Untuk menambah informasi pembaca yang mengggunakan layanan indihome, maka disini admin akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan FUP Indihome yang harus kamu ketahui.

  • Speed 10 Mbps : Batas wajar pemakaian kuota adalah 0-300 GB dengan kecepatan 10 Mbps. Jika pemakaian lebih dari 300-350, maka kecepatan akan turun menjadi 7,5 Mbps. Apabila usage lebih dari 350 GB maka kecepatan akan turun menjadi 3 Mbps.
  • Speed 20 Mbps : Batas wajar 0-500 GB kecepatan 20 Mbps. Pemakaian 500-750 kecepatan 10 Mbps. Jika pemakaian lebih dari 750 maka kecepatan 5 Mbps.
  • Speed 30 Mbps : Batas wajar 0-700 GB. Pemakaian 700-1100 kecepatan 15 Mbps. Apabila lebih dari 1100 GB maka speed menjadi 6 Mbps
  • Speed 40 Mbps : Batas wajar 0-800 GB. Usage 800-1500 kecepatan 20 Mbps. Lebih dari 1500 kecepatan 8%
  • Speed 50 Mbps : Batas wajar 0-1200. Pemakaian 1200-1800 kecepatan 25%. Lebih dari 1800 maka kecepatannya 10%
  • Speed 100 Mbps : Batas wajar 0-18-0 GB. Pemakaian 1800-2000 kecepatan 50 Mbps. Jika lebih dari 2000 maka kecepatan turun menjadi 25 Mbps.
  • Speed 200 Mbps : Batas wajar 0-3000. Usage lebih dari 3000 maka kecepatan menjadi 100 Mbps
  • Speed 300 Mbps : Batas wajar 0-4000 GB. Pemakaian lebih dari 4000 maka kecepatan menjadi 150 Mbps.

Baca Juga : Cara Mengganti Password Wifi Semua Layanan Tanpa Aplikasi

Nah, itu dia FUP Indhihome yang harus kamu ketahui sehingga jika terjadi lemot maka langsung saja cek sudah berapakah pemakaian kuota internetmu bulan ini.

Cara Cek FUP Indihome

cara-cek-fup-indihome

Apabila kamu ingin tahu berapa besar pemakanian kuota internet Indihome ini bulan berjalan maka silahkan gunakan beberapa cara di bawah ini. Kamu bisa menggunakan layanan website, aplikasi, hingga SMS.

Kami akan menjelaskan caranya satu per satu dan kamu bisa pilih salah satu mau menggunakan langkah yang mana. Semuanya akan menghasilkan hasil yang mana.

Perlu diingat kembali bahwa perhitungan pemakaian FUP ini berlaku setiap bulan ya. Jadi, ketika sudah ganti bulan maka FUPnya akan kembali menjadi 0.

Menggunakan Website Resmi Dari Indihome

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk cek FUP Indihome adalah menggunakan website resminya.

Kamu tidak perlu persyaratan apapun untuk mengecek sisa kuota atau pemakaian batas wajar ini. Kamu cuma butuh nomor internet layanan Indihome milikmu dan nanti akan langsung muncul hasilnya.

Untuk penjelasan dan langkah-langkah lebih lengkap silahkan simak pembahasan di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kunjungi link berikut ini https://subsystem.indihome.co.id/.
  • Nanti kamu akan langsung masuk ke dalam layanan pengecekan sisa kuota.
  • Disana terdapat dua kolom yang harus kammu isi yaitu nomor internet dan kode captcha.
  • Silahkan “masukkan nomor internet Indhihome” kemudian “tulis ulang kode captcha” yang tertera di layar.
  • Setelah itu kamu bisa klik Submit.
cara-mengecek-fup
  • Selesai. Informasi pemakaian dan sisa kuota akan langsung muncul di laman setelahnya.

Melalui Aplikasi MyIndihome

cek-fup-melalui-aplikasi

Apabila kamu sudah memiliki aplikasi MyIndihome maka bisa dengan mudah melihat peamakaian serta sisa kuota dari aplikasi tersebut.

Pastikan kamu sudah masuk ke dalam aplikasi MyIndihome dan caranya juga tidak jauh berbda. Kamu membutuhkan nomor internet Indihome untuk masuk ke dalam aplikasinya.

Setelah masuk kamu bisa pergi ke bagian profil dan disana ada informasi mengenai pemakaian kuotamu bulan ini. Jika masih dalam batas wajar, maka kecepatan internet akan tetap stabil dan tidak mengalami penurunan.

Jumlah Perangkat Yang Direkomendasikan Agar Terhindar Dari Batas FUP

Batas pemakaian wajar yang ditetapkan oleh Indihome ini sebanrnya sudah cukup besar sesuai dengan paket layanannya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tidak melebih FUP yang sudah ditetapkan adalah dengan membatas perangkat.

Tentu saja pemakaian layanan internet itu memiliki batas wajar perangkat yang tersambung. Jika terlalu banyak perangkat yang tersambung, maka akan sangat memengaruhi kecepatan atau kualitas internet.

Baca Juga : Cara Screenshot Samsung A13, A03, A32, A12 Tanpa Tombol

Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan lagi berapa paket layanan internet yang kamu ambil dan berapa jumlah perangkat normal yang bisa tersambung. Walaupun sebenarnya perangkat yang bisa masuk lebih dari itu, tetapi untuk menjaga kecepatan internet.

Serta agar pemakaian tidak melebihi FUP sebelum berganti bulan, maka sebaiknya batas penggunaan perangkat. Ini dia jumlah perangkat yang direkomendasikan untuk mempertahankan kualitas layanan internet sesuai paket kecepatannya.

Kecepatan (Mbps) Jumlah Perangkat
10 1-3
20 3-5
30 5-7
40 7-10
50 10-12
100 12-18
200 18-25
300 25-30

Apakah Ada Kenaikan Biaya Jika Pemakaian Kuota Melebihi FUP?

Mungkin kamu khawatir jika ternyata selama satu bulan pemakaian kuotamu melebihi batas wajar akan dikenakan kenaikan biaya atau tidak.

Kebijakan yang diterapkan Indihome mengenai FUP atau batas pemakaian wajar tidak akan menambah biaya apapun jika ternyata customer memakai kuota lebih dari FUPnya.

Hanya saja Indihome akan menurunkan kecepatan internet sesuai dengan kebijakan yang sudah dibuat. Semakin besar jumlah pemakaian mu yang melebihi batas maka akan semakin lambat juga kecepatan internetnya.

Oleh karena tu, perhatikan lagi berapa batas pemakaian kuota sesuai dengan paket layanan yang kamu pilih sehingga kamu bisa mencari cara untuk menghindari pemakaian yang tidak wajar.

Itu dia pembahasan mengenai FUP Indihome yang dapat sampaikan, semoga bisa menambah informasi kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *